Core values/nilai-nilai inti Budaya Perusahaan PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah merupakan dasar yang membentuk sikap dan perilaku kerja segenap insan PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah, sebagai dasar bagi proses pengembangan kompetensi yang dilakukan oleh Bank, dan merupakan identitas yang mencerminkan “warna” dan karakter Bank yang membedakan dengan Bank lain, sekaligus menjadi dasar dari berbagai proses pengambilan keputusan strategik dan operasional yang dilakukan. Core values/nilai-nilai inti budaya perusahaan PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah   “K R E A T I F“ dapat dirumuskan  kedalam 7 (tujuh) perilaku utama :

  • Kebersamaan – Togetherness
  • Rendah Hati – Low Profile
  • Energi Positif – Integrity
  • Akuntabel – Result Driven
  • Tulus – Sincerity
  • Inovatif – Inspiring
  • Fokus terhadap Sesama – Customer Orientation

Kebersamaan - Togetherness

Kebersamaan adalah perilaku pegawai dalam mencapai visi misi organisasi, serta memberikan kontribusi sesuai kompetensi masing-masing yang seirama dengan ritme perusahaan.

Nilai-nilai :

  • Bertumbuh bersama : Semua satuan kerja bekerja dalam ritme yang sama & seragam;
  • Kekeluargaan : Harmonisasi antar sesama Pegawai dan Customer/Nasabah;
  • Kuat : Saling mendukung dengan kompetensi masing-masing pegawai sehingga menciptakan Team Work untuk mencapai Visi Misi PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah;
  • Kontributif : Tiap individu mampu memberikan kontribusi

 

Rendah Hati - Low Profile

Rendah Hati adalah sikap dan perilaku Pegawai PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah yang tetap mampu menyesuaikan diri serta beradaptasi dengan lingkungan sosial masyarakat sekitar.

Nilai-nilai :

  • Sikap mau belajar;
  • Pertumbuhan mental dan emosional yang baik (Kesehatan jiwa);
  • Diskusi dan dialog secara konstruktif (berperan aktif dalam diskusi yang sehat bersifat membangun);
  • Tidak sombong/tidak arogan.

 

Energi Positif - Integrity

Energi Positif merupakan perilaku pegawai PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah yang memiliki etos kerja terhadap tugas dan tanggungjawabnya.

Nilai-nilai :

  • Jujur : Kesamaan sikap, perkataan,dan perbuatan;
  • Daya Juang : Semangat kerja/antusiasme;
  • Berpikir Positif : Memandang segala sesuatunya baik;
  • Komitmen/Integritas : Bertanggung jawab;
  • Sikap Proaktif : Inisiatif dalam bekerja : berpikir kritis, aktif/tidak pasif;
  • Bangga/Sense of belongigness : Bangunkan rasa kebanggaan menjadi insan Bank Kalteng;
  • Disiplin : Patuh dan taat terhadap peraturan yang berlaku.

 

Akuntabel - Result Driven

Akuntabel merupakan perilaku pegawai PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah yang bertanggung jawab terhadap tugas dan fungsinya.

Nilai-nilai :

  • Goal Setting;
  • Planning;
  • Manajemen Kinerja;
  • Eksekusi Kinerja;
  • Manajemen Risiko;
  • Fokus terhadap pencapaian hasil;
  • Unggul bersaing.

 

Tulus - Sincerity

Tulus merupakan perilaku pegawai PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah yang mencerminkan kesungguhan dalam melaksanakan tugas dan melayani pihak internal dan eksternal tanpa pamrih.

Nilai-nilai :

  • Respek dan saling menghargai;
  • Kepedulian;
  • Mengupayakan yang terbaik bagi sesama;
  • Empati;
  • Melayanai dengan baik;
  • Iklas & dapat dipercaya.

 

Inovatif - Inspiring

Merupakan kemampuan pegawai PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah dalam menciptakan ide-ide, gagasan, ataupun kemampuan memodifikasi sehingga menghasilkan sesuatu karya baru guna perkembangan dan kemajuan perusahaan.

Nilai-nilai :

  • Akar dari pertumbuhan perusahaan dalam menghasilkan sesuatu yang baru;
  • Dasar bagi seluruh insan PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah;
  • Pondasi dalam penciptaan daya saing secara berkelanjutan;
  • Upaya untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus

 


 

Fokus Terhadap Sesama - Customer Orientation

Fokus terhadap sesama/pelanggan merupakan sikap, perilaku, dan kemampuan pegawai PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah yang senantiasa memberikan jasa dan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pihak.

Nilai-nilai :

  • Fokus terhadap kebutuhan, keinginan dan harapan seluruh pihak (kepuasan pelanggan baik internal dan ekternal);
  • Perbaikan secara berkelanjutan;
  • Pertumbuhan kesejahteraan bersama;
  • Upaya melibatkan nasabah dan stakeholders;
  • Kemitraan yang luas.

 

 (Tujuh) perilaku utama Core Values Budaya Perusahaan :

  1. Berkerja dengan memberikan kontribusi sesuai kompetensi yang dimiliki serta seirama dengan ritme perusahaan.
  2. Berpikir, bersikap, dan bekerja dengan mengembangkan diri serta tetap menghargai orang lain.
  3. Bekerja dengan memiliki etos kerja yang tinggi.
  4. Bekerja profesional sesuai dengan sistem dan prosedur yang berlaku dengan menerapkan prinsip kehati-hatian.
  5. Bekerja dengan sikap terbuka, perduli terhadap permasalahan yang muncul serta menyelesaikannya secara cepat, tepat, dan iklas.
  6. Bekerja dengan berpikir kreatif yang positif.
  7. Memberikan pelayanan terbaik dengan hati.